Selasa, 20 Juli 2010

Camp at Bira Island 14 - 16 May 2010

Jalan2 lg ke pulau Bira Besar, kali ini ga nyelem, cm ngecamp aja.
Seperti biasa, berangkat ke pulau seribu dari Muara Angke jam 7 pagi, tujuan Pulau Kelapa. Smp di Pulau Kelapa kalo ga salah jam 10an. Abis itu nyarter kapal dr Pulau Kelapa utk ke Pulau Bira. Cost kapal untuk anter jemput waktu itu 250rb. Jadi kapalnya nganter kita ke Pulau Bira, abis itu jemput lg 3 hari kemudian.

Sampe di Pulau Bira dengan keadaan tidak ada tenda doom, cm bermodalkan tenda pantai 2, nekat buat ngecamp di pulau. hahaha.

Di Pulau Bira ini byk anjingnya, dan lumayan ganas sm makanan, bukan ganas sm orang.

Tanpa ter"teropong" oleh kita, ga sadar telor yg kita bawa sebagian digondol anjing! Persedian telor menipis, hrs ngirit telor.

Ga lupa ketinggalan, persediaan mi goreng jg diembat sang anjing. Makin menipis. Untung anjing ga diajarin buka makanan kaleng. -_-"

Di Pulau Bira ini ada dermaga yg cukup enak buat main disana, keadaan di sekitar dermaga jg lumayan lah. Tapi pas kita disana arus lg ga begitu mendukung, arusnya lumayan gede. Jadi ngos2an kalo snorkeling
ngelawan arus.

Lumayan nih liburan low budget di pulau seribu. Rata2 kita cm ngeluarin 200rb buat pergi kesini.

Jalan jalan mengelilingi pulau juga ga kalah menarik. Ada lapangan golf yang udah ga kepake, ada helipad juga.

Buat ente2 yang pingin liburan dengan low budget, Kep. Seribu bisa menjadi salah satu solusinya.

Dan msh byk pulau2 menarik lainnya yg ada di Kep. Seribu.

Cheers!

Senin, 19 Juli 2010

Trip Bira Island 26 - 28 Maret 2010

Yang ini cuma trip nyelem ke pulau seribu, sebenernya ini bkn yg pertama, tp yg ada fotonya ini doang. hahah.
Trip ini diselenggarakan oleh UKM Renang Selam Atma Jaya, dmn saya juga salah satu anggotanya.
Trip ini diadakan 3 hari 2 malem biasanya. Berangkat dari Atma Jaya dengan tronton menuju pelabuhan Muara Angke. Perjalanan ke pulau Bira makan waktu +/- 3 stgh jam dari muara angke.

Pulau Bira ini awalnya adalah pulau resort seperti pulau Putri, tp karena (kalo ga salah) pemiliknya bangkrut, jd ga diterusin lg, jd lumayan amburadul, tp tetep ada penjaga pulau nya untuk nyewain sisa cottage yg msh bertahan a.k.a blm lapuk. Luas pulau Bira Besar ini sekitar 20 ha - an. Di dalam nya ada lapangan golf (skrg udah ga kepake), helipad (boro2 yg satu ini), dan kolam renang (lebih mirip empang). Tapi keadaan laut di sekitar pulau Bira ini msh bisa dibilang bagus dibanding di sekitar Pulau Pramuka.

Keadaan bawah laut di sekitar Pulau Bira ini bisa dibilang lumayan laah, nemu lion fish, moray eel,
puffer fish, cuttle fish, clown fish, a lot of nudibranch. Hard coral & soft coral nya juga lumayan kok, enak diliat.

Anemon jg lumayan byk. Tapi di Pulau Seribu tetep yg paling banyak adalah BULU BABI!! hahah

Yah lumayan lah dive di daerah pulau seribu, lumayan buat menuh2in dive log. hehe.

Happy diving!! regards!

Minggu, 18 Juli 2010

Sail Bunaken 2009

Ini dia perhelatan akbar yang diadain oleh TNI AL untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus memecahkan rekor dunia untuk Upacara hari kemerdekaan di bawah laut dengan peserta upacara terbanyak di dunia! Selain memecahkan rekor, juga ada parade kapal perang militer dari berbagai negara, salah satunya ada kapal induk AS USS. George Washington!! Juga ada yacht race, fishing, dll.

Berangkat dari Pangakalan Militer Angkatan Laut di Tanjung Priok dengan kapal KRI Tanjung Kambani dengan nomor lambung 971, berangkat dengan rasa bangga dan rasa deg2an tentunya karena akan menempuh perjalanan panjang dari Jakarta ke Manado dimana Sail Bunaken diadakan.

Menempuh perjalanan di kapal selama 6 hari 5 malam cukup membosankan, tapi byk moment2 yg tidak bisa dilupakan di KRI Tanjung Kambani ini.Banyak kejadian lucu dan baru bagi saya.

Karena KRI Tanjung Kambani adalah kapal angkut, maka isi dr kapal ini yg mengangkut sebagian para peserta Sail Bunaken ini kurang lebih 600 orang dr berbagai macam profesi. Ada Brimob, Polisi Militer, Marinir, KOPASKA, BASARNAS, TAIPUR, PASPAMPRES, KOWAL, HMPA, Diving Club. Mendapat teman2 baru di kapal ini, dan berkawan dgn siapa saja utk menghabiskan waktu bersama.

Yang paling menyedihkan dari kapal ini adalah REBUTAN AIR!! haha. KRI Tanjung Kambani tidak dilengkapi alat penyuling air laut ke air tawar, jadi KRI Tanjung Kambani perlu mengisi "jirigen" air sendiri, dan ternyata pasokan air tawar kurang!
Air nyala jarang2, dan sekali nya nyala kita hrs menyelamatkan diri, dan rebutan dengan marinir2 yg badannya gede2. Tidak dengan marinir saja, kita jg hrs rebutan air dengan perwira TNI AL jg!! Edaan!
Apabila terdengar suara dari pengeras suara yg berbunyi "Air mengalir 5 menit!", disini lah kita harus mulai bertarung mendapatkan air! Suatu saat saya sedang mandi dan dalam kondisi keramas, dan tiba2 saja air mati!! Saya terpaksa minta tolong teman untuk beli Aqua 1,5 L utk keramas! ahah.
Untuk masalah buang hajat, kalo bisa kita nahan2, jgn sampe keluar disaat ga ada air! Bisa berabe! Bisa bayangin kalo lg buang hajat ga ada air, ga bs disiram! numpuk jd harta karun! haha

Untuk sesi makan, kita jg harus antri kyk uler. Puanjaaaang antrinya! Di kapal setiap harinya kita makan TAI tanpa terkecuali, TAI = Telor, Ayam, Ikan. Makan pagi lauk pake Telor dan sayur, siang makan pake Ayam dan sayur, malem kita makan pake Ikan dan sayur, Itu makanan kita sehari2 di kapal tanpa terkecuali. Walaupun ada buah sih. hehe.

Ada satu peristiwa menarik di kapal saat kapal akan melintasi garis khatulistiwa. Nama ritual nya adalah MANDI KHATULISTIWA. Ritual ini dilaksanakan pada saat para pelaut melintasi garis khatulistiwa,
kegiatan ini bertujuan untuk menyucikan para pelaut  yang  baru pertama kali melaut
dan melewati garis Khatulistiwa atau Equator. Ceritanya Dewa Neptunus sebagai penguasa 7 samudera dan para punggawanya mendatangi kapal untuk membersihkan jiwa para pelaut yg melintasi samudera. Tetapi tokoh2 ini diperankan oleh awak kapal KRI Tanjung Kambani sendiri. Peserta dari mandi khatulistiwa ini adalah siapa saja yg belum pernah merasakan mandi khatulistiwa. Awalnya para peserta disemprot dengan air laut (biar bersih dari
kotoran2 darat), lalu Dewa Neptunus beserta punggawanya memberikan ceramah
mengenai samudera, krn merasa terganggu dengan adanya manusia2 "kotor" yg melintasi samudera. Lalu para peserta diceburin ke dalam kapal karet yg udah diisi sm air laut, oli, solar, dan minyak gemuk. Bisa kebayangkan rasanya kayak apa? haha. Setelah itu ritual berikutnya adalah dicekoki jamu brotowali (jamu nya jamu). Hhahaha. Tapi ritual ini tidak bermaksud untuk menakut2i, tapi sekedar menghibur dan memberikan pelajaran kepada orang2.
Perjalanan 6 hari di kapal sungguh melelahkan, di malam terakhir Kapten Kapal KRI Kambani mengajak peserta untuk turut berpartisipasi dalam malam keakraban yg diselenggarakan di helipad yg ada di bagian atas kapal.

Memasuki Manado, kita bertemu dengan salah satu KRI yg dibanggakan, yaitu KRI DEWA RUCI.
KRI Dewa Ruci ini telah berlayar ke seluruh penjuru dunia dan mendapatkan banyak penghargaan.

Salah satu pemecahan rekor dengan penyelam terbanyak yg mengikuti upacara bawah laut dengan 2600an orang penyelam.

Sangat bangga rasanya bisa berpartisipasi dalam mengharumkan nama bangsa!!

Setelah pemecahan rekor selesai, keesokan harinya kita disuguhkan dengan Fleet Review, yaitu parade kapal perang dari berbagai negara partisipan.

Sayang ga ngeliat USS. George Washington karena ga bisa merapat, karena kapalnya terlalu besar!

Kapal2 milik negara peserta yg ikut memeriahkan Sail Bunaken 2009

Ga ketinggalan pesawat Sukhoi yg dibeli Indonesia yg ditukar dengan beras, juga dipamerin!

Setelah acara Sail Bunaken selesai, saya sempetin utk dive di Lembeh. Bagus juga dive disana. Dive disana lebih ke Macro. Banyak ikan yg aneh2. Dan kebetulan sempet liat frogfish! Maaf ya ga ada foto2 underwater, ga kuat belinyaah!
Abis itu jalan2 ke danau Tondano, dan ketemu sama juri aru Guinness World Recordnya! Namanya Miss Julia from England, fotoo lagiii. hehe.

Begitulah akhir perjalanan saya di kota manado, karena ga kuat pulang naik kapal lg, saya pulang naik pesawat! daaa!!

JALASVEVA JAYAMAHE!

Kamis, 15 Juli 2010

Karimun Jawa Juli 2009

Salah satu tempat yg paling menarik di Indonesia!! yup, Karimun Jawa! grrrr

Jalan dari jakarta naik bis Nusantara jurusan Jepara, Jawa Tengah. Bis jalan dr terminal lebak bulus jam 6 sore, dan smp di Jepara jam 4 pagi.

Dari Jepara naik ferry, nama kapalnya KM. Muria dulu utk nyebrang ke kepulauan Karimun Jawa dgn biaya Rp 30.500 per org.
Lama perjalanan kapal kurang lbh 6 jam utk sampai di Karimun Jawa.

Kali ini gw jalan sm tmn2 kampus lg, ada vania, ain, tomos, boy, ewing, dan joshua. Kami adalah orang2 yg beruntung yg bs mengunjungi Karimun Jawa ini. hehe.

Tiba di Karimun besar, kita sempet bingung mau ngapain, soalnya yg kita pikir di Karimun Jawa itu lautnya bagus, tp ternyata ga gitu, kita perlu ke pulau2 kecil dulu, baru disitu ada pantai indah.
kita sempet kebingungan hrs ngapain, haha.

Ga lama ada 3 orang mas2 yg negor kita, "kalian mau kmn?" dgn malu kita jawab "wah ga tau nih mas, bagusnya kmn ya?"
ternyata mereka ngajak utk ke pulau bareng, dan rencananya akan nenda disana, naah loo, kita ga ada persiapan tenda doom sm sekali, soalnya kita pikir di karimun besarnya udah bagus, eeh ternyataaaa.. zzzz...
yg kita bawa cm 2 tenda pantai, tenda yg cm separo dan sleeping bag, ga ada logistik apa2 kecuali kompor portable 1 biji, plus kopi2. haha. Tp ternyata blg tenang aja, nanti belanja logistiknya bareng di pasar. waaah, senang sekali.

3 orang mas2 tadi adalah 3 orang mahasiswa pecinta alam dari Semarang, ada mas Tyo, Mas Ronie, dan Mas Adjie. Kita merasa sgt beruntung dan berhutang byk sm mereka, karena kalo ga ada mereka, kita c, muter2 aja nyewa kapal yg lumayan harga sewa nya, abis itu ga tau mau ngapain lg, pulang deh. Hhahaha.

Akhirnya kita nginep 1 mlm dulu di homestay, dan beli2 logistik di pasar. Besoknya kita nyebrang naik kapal ke Pulau X, sesampainya di pulau X, wuaaaaaaaaaaaaaaaaaaah, beniiiingnya keterlaluan. ckckck.
sayang ga sempet dive disana.

Ternyata di pulau itu ada sepasang suami istri yg jaga pulau itu, tp pas kita dtg, bapak ibu nya pulang ke Karimun Besar, jadi di pulau itu bener2 cm kita ber 10! Private Island!! Sadiss benerrr...

Air laut yg kyk air putih memancing hasrat kita utk sesegera mungkin nyemplung saat itu jg, tp sayang kita hrs cari ranting2 kayu buat api unggun dulu, dan dengan hati yg berat kita ga bs main air di hari pertama.

Hari kedua! Nyeburrrrr!! Panjang pantai kira2 250 meter!! Gimana kita ga tersandung2 -_-" utk sesegera mungkin main air? pantai nya pasir putih semua! wussssssss.
Di pulau ini ada sampan kecil milik penjaga pulau ini, kita pinjem sampannya, main ke tengah laut, snorkeling!! Buagusss buangettttt, gileeee.

Banyak ikan pari nya, bikin parno. haha. Main2 di pulau kosong nikmatnya tiada tara brur!

Masalah mandi kita mandi di sumur. Ada sumur kecil yg air nya sedikit payau, tp gapapa lah utk mandi aja. Seger bgt airnya.
Tapi untuk masalah buang hajat agak sedikit terbuka, yaitu tinggal bawa ember gayung dan gali pasir di pantai sebelah barat! haha, jadi kalo yg mau buang hajat hrs periksa isi pasir dulu, syp tau dpt jackpot. hahah

Sunset di pulau ini jg ga ketinggalan sadisnya kok!

Perjalanan pulang pasti terasa sangat menyedih kan, zzzzzzzzzz -_-"

Tapi emang bener itu yg kita rasain pas ninggalin pulau X ini. Banyak kenangan2 manis di pulau ini. haha